Sabtu, 05 Februari 2011

Ekspedisi Pulau Kawaluso Kabupaten Kepulauan Sangihe

Tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara bergerak menuju Pulau Kawaluso. Pulau Kawaluso adalah pulau terdepan yang termasuk kedalam wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Di Kabupaten ini terdapat dua pulau terdepan lainnya yaitu Pulau Marore dan Pulau Kawio.

Dari Bitung Tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara berlayar dengan kapal perintis KM Meliku Nusa. Kapal ini melayani pelayaran dengan rute Bitung-Tahuna-Kawaluso-Kawio-Marore-Miangas-Karatung-Siau-Tagulandang-Biaro-Bitung. Berlayar selama dua hari, dengan jarak 179, 93 Mil Laut atau sekitar 333, 23 Kilometer Tim Ekspedisi tiba di Pulau Kawaluso.


Pulau Kawaluso dikenal juga dengan Pulau Manseleatang. Nama Kawaluso berasal dari Bahasa Sangir, Kawa berarti lubang dan Luso berarti karang. Hal ini diambil dari bentuk serta topografi Pulau Kawaluso sendiri yang mempunyai ceruk dan karang dan batu besar di pesisirnya.

Pulau Kawaluso dihuni oleh 650 Jiwa dengan 168 Kepala Keluarga. Nelayan merupakan mata pencaharian utama penduduk. Sedangkan Kopra, Cengkeh, dan Pala merupakan komoditas perkebunan mata pencaharian penduduk sebagai pekebun. Komoditas tersebut dijual ke Tahuna, Pulau Sangihe hingga ke Menado.

Potensi pariwisata di Pulau Kawaluso patut dikembangkan. Sejauh ini ada tiga lokasi wisata yang terdapat di pulau ini yaitu Pantai Beha, Pantai Kecil, dan Bentihe. Pantai Beha terletak di utara Pulau Kawaluso berupa pantai berbatu besar. Batu batu tersebut versanding dengan tebing karang. Pantai Kecil merupakan pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih. Pantai ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan ketika bulan libur sekolah. Sementara Bentihe merupakan daerah pegunungan yang terletak di Desa Kawaluso, sangat cocok untuk wisata Trekking. Namun kesemua potensi itu belum tergarap dengan baik. Sarana transportasi dan pendukung lainnya masih belum memadai.

Sumber :
Fajar Mahardhika
http://www.92pulau.com/ekspedisi-pulau-kawaluso-kabupaten-kepulauan-sangihe-provinsi-sulawesi-utara/
17 Juni 2010

2 komentar:

  1. Hopely one day can visit this beautiful island of Kawaluso and be able to meet up with the wonderful people over there.

    Cheers!

    BalasHapus
  2. Semoga Pemerintah Pusat dan Daerah Sulawesi Utara juga segera memprioritaskan pembangunan di P Kawaluso dan sekitarnya. wilayah yang indah dan penduduk yg ramah

    BalasHapus